Thursday

Rahasia Catridge Printer Awet dan Tahan Lama

Kali ini akan mencoba sharing tentang Tips Agar Catridge Printer Awet dan Tahan Lama. Karena banyak sekali pertanyaan tentang "kenapa catrdige cepet banget rusaknya... baik langsung saja ke T...K...P....

Sebelum menuju ke Tips Agar Catridge Printer Awet dan Tahan Lama, kita akan belajar dulu tentang cara kerja dari head catridge.


Head : berfungsi untuk mengatur keluarnya tinta.
Catrdige : berfungsi sebagai wadah tampungan tinta yg akan mengalir ke head.

Dalam hal ini, printer Canon dan HP sering mengabungkan keduanya yaitu head dan catridge menjadi 1 bagian. Sedangkan Epson sering memisahkan antara head dan Catridge.

Cara Kerja Head Catridge  :
Ketika printer diperintah untuk ngeprint, maka akan diolah oleh board printer dan terakhir board printer akan mengirim perintah ke head untuk melakukan pencetakan. Head akan mengatur filamen pemanas yg ada di dalamnya untuk mengatur tinta mana yg harus dikeluarkan untuk sebuah gambar / tulisan. Jadi cara kerjanya adalah dengan pemanasan tinta, sehingga tinta menjadi encer dan mudah untuk di semprotkan keluar lewat jalur lubang yg sangat kecil (nozzle). Pemanasan yg berlebihan akan membuat catrid cepat panas, maka dalam hal ini tinta printer itu bertindak sebagai pendingin juga. jadi Fungsi tinta ini juga sebagai oli kalau dikendaraan bermotor dan sangat penting sekali, maka jangan sampai catridge dibiarkan kosong terlalu lama.

Pemanasan head yg berlebihan ini diakibatkan oleh :
1. Ngeprint dalam jumlah banyak dan tidak ada jeda / istirahatnya, atau
2. Tinta habis dan printer masih dipakai untuk ngeprint,

Itulah kenapa catrdige warna Canon atau HP sering banget rusaknya, karena :
1.    Yang warna jarang digunakan, sehingga nozzle buntu karena tinta kering, dan akibatnya akan terjadi pemanasan berlebih akibat tidak ada pendingin yaitu tinta, karena tinta macet.
2.       Tinta warna habis dan tidak di isi, maka akan terjadi pemanasan berlebih pada head dan akibatnya chip di head akan terbakar.

Tips Agar Catridge Printer Awet dan Tahan Lama :
1.       Jangan ngeprint dalam jumlah banyak secara langsung, tapi kasih istirahat tiap 10 lembar, kira2x 2-5 menit, apalagi kalau ngeprint kualitas foto, kasih istirahat lebih banyak.
2.       Jangan biarkan tinta habis terlalu lama, lebih bagus lagi sebelum habis diisi tinta dulu.
3.       Jangan mendiamkan printer (tidak dipakai ngeprint) lebih dari 5 -7 hari. Jadi tiap minggu minimal harus ngeprint sekali yg hitam dan warna (gunakan untuk ngeprint foto)
4.       Jangan sering gonta-ganti merk tinta, karen keenceran masing-masing merk tinta berbeda dan ini sangat berpengaruh pada head printer.
5.       Untuk printer Infus, pastikan tinta mengalir dengan lancar menuju ke catridge, jangan sampai tersumbat.
6.       Jangan isi tinta terlalu penuh karena akan menyebabkan tinta tidak keluar bahkan head akan bocor akibat tekanan yg terlalu berat dari tinta, jika hal ini terjadi maka sedot ulang tinta tersebut dengan refill kit yang ada.

Mungkin itu kira-kira beberapa Tips Agar Catridge Printer Awet dan Tahan Lama,
Semoga bermanfaat /....

Anda sedang membaca artikel tentang Rahasia Catridge Printer Awet dan Tahan Lama dan anda bisa menemukan artikel Rahasia Catridge Printer Awet dan Tahan Lama ini dengan url http://teknisilaptop-indonesia.blogspot.com/2011/01/rahasia-catridge-printer-awet-dan-tahan.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Rahasia Catridge Printer Awet dan Tahan Lama ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Rahasia Catridge Printer Awet dan Tahan Lama sumbernya.