Tuesday

Laptop Toshiba M50 Windows XP Blue Screen


Kasus ==>
Pada saat boot, kemudian starting Windows XP, sebelum masuk ke GUI Windows menampilkan BSOD (Blue Screen Of Death) dengan error bertuliskan "UNMOUNTED_PARTITION".


Cek ==>
1. Boot dengan Hirens CD, saat dicoba masuk ke mini WindowsXP, sistem memerlukan waktu yang sangat lama (10 menit belum di dalam GUI, tetapi desktop belum tampil sempurna). Ini menandakan adanya ketidakberesan pada media harddisk. 

2. Reboot dengan Hirens CD, masuk ke mini Windows98, lalu coba lihat data pada harddisk (melalui DOS), hasilnya data dapat terbaca dengan perintah DIR. Ini berarti data masih dapat diselamatkan. Harddisk dibagi menjadi 3 partisi, masing-masing berlabel: SISTEM, DATA, MASTER.

Solusi ==>
1. Karena media harddisk dapat terbaca dengan lebih baik pada lingkungan 16-bit (DOS), maka diputuskan untuk melakukan backup data harddisk dengan menggunakan NORTON GHOST (versi DOS) yang terdapat pada Hirens CD. Data di-backup dengan metode Partition-to-image untuk setiap partisi, hasil backup disimpan pada removable harddisk. Pada saat proses backup, dapat diketahui bahwa memang ada kerusakan pada fisik media harddisk, di mana proses pembacaan data kadang-kadang berjalan sangat lambat pada lokasi tertentu.
2. Untuk dapat mengambil kembali data backup yang berbentuk GHOST IMAGE (.GHO), maka diperlukan sebuah media harddisk sebagai tempat penampung sementara di mana dilakukan proses partition-from-image dari GHOST IMAGE ini.
3. Setelah proses ini dilakukan untuk semua image yang ada, maka data dapat di-copy kembali ke media dari pemilik data.
4. Harddisk laptop diganti, kemudian sistem operasi di-instalasi ulang, masukkan driver-driver dan software yang diperlukan, DONE !!

Anda sedang membaca artikel tentang Laptop Toshiba M50 Windows XP Blue Screen dan anda bisa menemukan artikel Laptop Toshiba M50 Windows XP Blue Screen ini dengan url http://teknisilaptop-indonesia.blogspot.com/2011/01/laptop-toshiba-m50-windows-xp-blue.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Laptop Toshiba M50 Windows XP Blue Screen ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Laptop Toshiba M50 Windows XP Blue Screen sumbernya.