Friday

ALUR KOMUNIKASI MOTHERBOARD

ALUR KOMUNIKASI MOTHERBOARD
Untuk mengatur komunikasi antar komponen maka motherboard dilengkapi dengan chipset.
Ada 2 buah chipset pada motherboard :
  ·         Northbridge  
  ·         Southbridge

  1.NORTHBRIDGE

Northbridge Connects CPU to:                                      
      RAM
      AGP bus
      PCI Express bus
      Built-in display Adapter

Northbridge adalah chipset Intel yang terhubung langsung dengan prosesor komputer dan memory controller yang memberikan akses cepat dari CPU ke memori,Peripheral Component Interconnect (PCI) bus, Level 2 cache, dan semua kegiatan Accelerated Graphics Port (AGP). Northbridge berkomunikasi dengan prosesor menggunakan bus Tampak Depan (FSB). Hal ini juga menghubungkan periferal melalui saluran berkecepatan tinggi seperti AGP dan PCI Express. Northbridge juga termasuk pengontrol layar, obviating kebutuhan adapter layar terpisah.
Northbridge biasanya menangani komunikasi antara CPU, RAM, ROM BIOS, dan PCI Express (atau AGP) video card, dan Southbridge .Beberapa northbridges juga berisi video controller terintegrasi, juga dikenal sebagai Memori Grafis dan Controller. Hub (GMCH) dalam sistem Intel. Karena prosesor yang berbeda dan RAM yang berbeda memerlukan sinyal, Northbridge yang biasanya akan bekerja dengan hanya satu atau dua kelas CPU dan umumnya hanya satu jenis RAM.
Northbridge juga memiliki komponen nForce dan nForce2, yaitu unit grafis di Northbridge.Chip ini jelas dalam ukuran lebih besar dibandingkan dengan Southbridge, karena ratusan jalur data yang dibutuhkan untuk prosesor dan RAM. Karena itu, semua chip kompleks dikemas dalam BGA (Ball Grid Array) casing, di mana semua sambungan solder yang terletak di bawah chip. Kecepatan chipset southbridge lebih lamban daripada northbridge. Semua informasi dari CPU harus melewati northbridge sebelum masuk southbridge.
Intel Hub Architecture (Iha) telah menggantikan Northbridge / Southbridge chipset. Iha chipset juga memiliki dua bagian: Grafis dan AGP Memory Controller Hub (GMCH) dan I / O Controller Hub (ICH). Arsitektur Iha digunakan di chipset Intel seri 800, yang merupakan arsitektur chipset pertama pindah dari Northbridge / Southbridge desain
Selama bertahun-tahun, bus PCI digunakan sebagai sambungan ke Southbridge. Namun, bandwidth yang tidak lagi memadai untuk kebutuhan hari ini, sehingga pembuat chip semua menawarkan solusi mereka sendiri (misalnya, VIA’s V-Link, SiS’s MuLTIOL, i-Link Intel dan AMD / NVIDIA ’s HyperTransport).

Saat ini, Southbridge mengandung setidaknya controller PCI, floppy / IDE / pengendali hard disk, port serial dan paralel, dukungan USB dan fungsi manajemen daya. Selama bertahun-tahun, chipset telah mendapatkan fungsi diperpanjang melalui Southbridge, yang merupakan alasan bahwa saat ini unit ini sering juga termasuk interface dan codec untuk suara atau pengendali jaringan. Ini berarti bahwa motherboard hanya perlu menyediakan pengendali sederhana, yang lebih murah untuk menghasilkan dari jaringan kartu lengkap kartu PCI atau suara

  2.        SOUTHBRIDGE


Southbridge Connects CPU to:
      ATA (IDE) Drives
      USB bus
      FireWire bus
      Serial port
      Parallel port
      Built-in audio 
      ISA bus (earlier PCs)


Southbridge adalah chip yang mengontrol seluruh komputer I / O fungsi, seperti USB, audio bus, serial, sistem BIOS, ISA, controller interupsi dan saluran IDE. Dengan kata lain, semua fungsi prosesor kecuali memori, PCI dan AGP. Chip Southbridge adalah salah satu dari dua chip yang mengontrol fungsi chipset.Southbridge dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut
Salah satu dari dua chip pada chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan perangkat lain.

Anda sedang membaca artikel tentang ALUR KOMUNIKASI MOTHERBOARD dan anda bisa menemukan artikel ALUR KOMUNIKASI MOTHERBOARD ini dengan url http://teknisilaptop-indonesia.blogspot.com/2011/01/alur-komunikasi-motherboard.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel ALUR KOMUNIKASI MOTHERBOARD ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link ALUR KOMUNIKASI MOTHERBOARD sumbernya.