Monday

Awas Lonjakan Listrik, Solusi pakai Baterai

drbulanini

DIAGNOSIS: CHIP menguji semua komponen notebook di CHIP Test Center. Namun, hasilnya negatif. Semua komponen dapat digunakan pada notebook yang lain. Saat diperiksa lebih teliti, chipset Southbridge tampak rusak. Kemungkinan karena terbakar. Solusinya hanya penggantian motherboard.

Selanjutnya, CHIP memeriksa hard disk dengan pengujian osiloskop untuk mengetahui konsumsi arusnya. Hard disk ini mengkonsumsi sekitar 520 mA yang memang sedikit melebihi spesifikasi USB. Namun,  ini belum dapat dijadikan alasan jika chipset langsung terbakar. Saat mengukur konsumsi arus dengan berulangkali menyalakan dan mematikan hard disk, baru masalahnya terjawab.
SOLUSI: Saat dinyalakan, beberapa kali tegangan melonjak sesaat. Konsumsi arus mencapai 2 A (±½ ms) atau 4 kali lebih besar dari spesifikasi USB. Hal ini memang tidak menimbulkan dampak pada peranti USB-nya. Namun, pada Acer Travelmate, lonjakan arus ini langsung merusak chipset.

Anda sedang membaca artikel tentang Awas Lonjakan Listrik, Solusi pakai Baterai dan anda bisa menemukan artikel Awas Lonjakan Listrik, Solusi pakai Baterai ini dengan url http://teknisilaptop-indonesia.blogspot.com/2011/01/awas-lonjakan-listrik-solusi-pakai.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Awas Lonjakan Listrik, Solusi pakai Baterai ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Awas Lonjakan Listrik, Solusi pakai Baterai sumbernya.