Friday

Mengenal komponen Laptop


HARDWARE LAPTOP
Hardware adalah perangkat keras yang merupakan salah satu elemen dari sistem laptop, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi seperti perangkat masukan (input), perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran (output).

Hardware pada laptop adalah sebagai berikut :
A. Perangkat Pemroses
1. Motherboard
Motherboard adalah papan induk yang berfungsi sebagai pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya dan mengatur pemberian energi pada setiap komponen laptop.
2. Processor
Processor merupakan chip yang pengolah laptop yang berfungsi sebagai alat pemroses data, melakukan perhitungan, dan menjalankan perintah.
3. Memori
Memori disebut juga RAM (Random Access Memory) yang berfungsi sebagai penyimpan data sementara sewaktu digunakan oleh processor.
4. Kartu Suara (Sound Card)
Kartu suara atau Soundcard berfungsi untuk mengeluarkan suara dari laptop.
5. Kartu grafis
Kartu grafis berguna untuk menerjemahkan perangkat keluaran (output) laptop ke monitor.
6. Harddisk
Harddisk disebut juga sebagai disk drive, hard drive, atau harddisk drive. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja laptop dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.
7. CD-ROM 
CR-ROM merupakan singkatan dari compact disk read only memory yang dapat membaca sebuah CD yang masuk ke dalam laptop.
8. Baterai
Baterai berfungsi sebagai pemasok daya yang digunakan laptop untuk menjalankan operasi
B. Perangkat Keras Masukan
1. Touchpad
 Touchpad pada laptop berfungsi sebagai mouse untuk mengarahkan kursor dan menunjuk menu yang diinginkan
2. Keyboard
Keyboard digunakan untuk memasukkan perintah dan data pada sistem laptop
C. Perangkat Keras Keluaran
1. Screen
Screen pada laptop berfungsi layaknya monitor pada komputer yang dapat menampilkan gambar, tulisan, atau program yang sedang dioperasikan laptop.
2. Printer
Printer digunakan untuk mencetak pada kertas hasil atau data yang ditampilkan pada screen dan diolah oleh laptop
ACCESSORIES LAPTOP
Accessories laptop adalah perangkat tambahan yang dapat menunjang sistem operasi laptop. Accessories laptop diantaranya adalah :
1. Adaptor
Adaptor merupakan alat yang berfungsi untuk menurunkan tegangan dan merubah arus listrik AC ke DC.
2. Webcam
WebCam adalah kamera video sederhana berukuran relatif kecil. sering digunakan untuk konferensi video jarak jauh atau sebagai kamera pemantau.
3. Modem
Modem adalah singkatan dari Modulator Demodulator yang berfungsi sebagai penyambung. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Fungsi modem adalah sebagai alat penyambung laptop dengan komputer.
4. Speaker
Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi suara (audio) dengan cara menggetarkan komponennya yang berupa selaput.
5. USB (Universal Serial Studio)
Universal Serial Bus (USB) adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung
 6. Flash Disk
Flash Disk adalah perangkat penyimpan tambahan yang dapat dihubungkan dari laptop satu ke laptop lain.
dan masih banyak lagi aksesoris laptop lainnya.

Anda sedang membaca artikel tentang Mengenal komponen Laptop dan anda bisa menemukan artikel Mengenal komponen Laptop ini dengan url http://teknisilaptop-indonesia.blogspot.com/2011/01/mengenal-komponen-laptop.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Mengenal komponen Laptop ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Mengenal komponen Laptop sumbernya.