Friday

Utility Software Komputer / Laptop

Saya sedikit agak merasa aneh ketika teman-teman saya, baik yang sudah lama maupun yang baru memiliki, rata-rata, laptop, meginstal program-program yang bahkan tidak akan dipakai dalam sebulan sekali. Menurut saya, hal ini merupakan pemborosan pemakaian harddisk sehingga yang ada adalah keluhan-keluhan karena merasa Laptopmya terasa berat.

Nah, berikut saya berikan sedikit daftar-daftar program atau software yang “wajib” ada di komputer/laptop anda.
1. Antivirus
Antivirus menjadi program nomor satu yang harus ada. Setelah googling saya mendapatkan beberapa daftar antivirus teranyar yang bisa anda dapatkan baik secara gratis maupun berbayar
- Kaspersky
- AVG
- Avira
- dll
2. Spyware Remover
Kebanyakan orang masih menyamakan spyware dengan virus. Sepintas memang demikian, namun jika dilihat dari cara kerjanya, spyware jelas berbeda dengan antivirus. Oleh karena itu, spyware remover menduduki posisi nomor dua setelah Antuvirus. Berikut beberapa daftar spyware remover yang bisa diperoleh:
- Malwarebyte’s
- PC Tools Spyware Doctor
- Spyware Cleaner
- dll
3. Utility Cleaning and Tuning
Utility Cleaning and Tuning ini sangat berguna untuk menjaga performa komputer atau laptop anda. Beberapa software Utility Cleaning and Tuning yang bisa anda dapatkan diantaranya:
- Uniblue Registry Booster
- TuneUp Utilities
- O&O Defragler
- CCleaner
- Advance System Care
- dll
4. Archiver
Archiver adalah Sebuah program pengarsipan dan kompresi file, selain itu juga untuk memudahkan atau mempercepat file jika filenya akan di upload di internet. Archiver yang anda bisa pakai diantaranya adalah:
- WinRar
- WinZip
- 7Zip
- dll
5. Multimedia
Komputer tidak bisa memutar musik dan video? tidak lengkap rasanya. Software yang popular antara lain adalah:
- Winamp
- Jet audio
- Gom Player
- KLite Codec
- dll
6. Manager Download
Banyak kebutuhan-kebutuhan kita yang disediakan oleh interet, oleh karenanya, untuk memperolehnya kita sering sekali melakukan kegiatan downloading. Beberapa rogram yang umum kita kenal adalah:
- Internet Download Manager
- Download Accelerator
- dll
Ad 3. Utility Cleaning and Tuning

Tune Up Utilities merupakan software untuk membersihkan, mengoptimisasi, men-stabilkan meng-tweak berbagai komponen Windows dan meningkatkan kinerja komputer anda. Aplikasi ini mampu memberikan optimisasi Windows dengan cepat, efektif, efisien, serta memberikan opsi rekomendasi, kustomisasi dan menggambarkan hasil kinerja yang didapat sebelum setting diaktifkan.

Hanya dengan beberapa klik saja, anda akan merasakan manfaat aplikasi ini. Jika anda tidak ingin perubahan pada komputer anda, tenang saja, semua operasi yang telah anda lakukan dengan Tune Up Utilities ini bisa anda batalkan/undo. Hal ini dimungkinkan karena Tune Up Utilities memiliki TuneUp Rescue Center.

Tune Up Utilities akan secara otomatis menjalankan tugas-tugas pemeliharaan yang penting bagi komputer kesayangan anda. Membuat anda mengetahui setiap masalah yang dialami oleh komputer dan menawarkan solusi yang tepat. Hal ini menjamin kinerja komputer anda akan selalu baik.

Saat artikel ini ditulis, Tune Up Utilities telah sampai pada versi 2011. Mungkin pembuatnya ingin menyamakan dengan tahun 2011 sekarang yah ^_^ bagi anda yang masih menggunakan Tune Up Utilities versi di bawah 2011, maka sangat dianjurkan untuk segera update dan bagi anda yang belum pernah menggunakan Tune Up, maka diwajibkan untuk segera mendownload dan menginstal di komputer yang digunakan.

Mungkin ada yang bertanya, apa sih perbedaan Tune Up 2010 dan 2011?? Ehhmm…sangat banyak sekali ding ^_^ lebih jelasnya silahkan baca fitur-fitur Tune Up 2011 berikut ini.

CLEARER! TuneUp Start Center TuneUp Utilities™ is easier to use than ever.
Sekarang tampilan Start Center pada program Tune Up tampak lebih segar dan mudah dimengerti oleh user. Dengan pengelompokan fungsi dalam bentuk tab, memungkinkan user dapat dengan mudah mengoperasikan/ mengunakan Tune Up. Yaitu dibagi dalam 5 tab: Status & recommendations, Optimize system, Gain disk space, Fix problems dan Customize windows.

MORE POWERFUL! TuneUp Turbo Mode Turbo Mode, 10 times more powerful than before, brings your PC to maximum speed for your work and games.
Hanya dengan satu kali klik, maka Tune Up akan menutup lebih dari 70 Backgrounds Processes yang menghambat kinerja pada Windows, baik di windows XP, Vista, maupun Windows 7. Dimana pada versi sebelummnya hanya mampu menutup 7 Backgrounds Processes. Alhasil, anda akan mendapat kekuatan yang powerfull dari PC anda.

Tuning status, Know instantly how well you’ve optimized your PC.
Status Tuning menunjukkan berapa banyak optimasi telah dilakukan dengan TuneUp Utilities

Rating function for programs The experiences of countless TuneUp Utilities™ users help you make the best tuning decisions.
Ya, fungsinya sama dengan judulnya, yaitu untuk memberikan rating pada setiap program pada PC anda. Lalu apa fungsinya? fungsinya untuk me-manage mana program yang sangat penting dan mana program yang kurang begitu penting. Dengan sistem rating ini akan memudahkan Tune Up dalam menentukan atau memutuskan pembagian performa, sehingga memory akan terbagi secara efisien.

“Overview of all functions” pane, All power features in one window.
Fitur ini berhubungan dengan user interfacenya, di atas tadi kita sudah membahas tampilan panel Start Center pada Tune Up Utilities™. Nah sekarang terdapat opsi baru, yaitu tampilan Start Center dalam mode “Overview of all functions”, tombol fitur ini terdapat pada pojok kanan atas. Dengan menekan tombol tersebut maka tampilan Tune Up Utilities™ akan berubah menjadi biru, dengan pengelompokan-pengelompokan fitur dalam bentuk kolom.

TuneUp Speed Optimizer
Fitur ini akan memeriksa seluruh sistem anda dari biang kemacetan/bottle neck yang menyebabkan komputer Anda bekerja tidak optimal, program latar belakang/background yang berlebihan, dan setingan yang salah di Windows. Koneksi internet Anda juga akan dikonfigurasi secara optimal. Selain itu, TuneUp Speed Optimizer juga akan memberikan saran untuk mempercepat sistem anda jika ada.

TuneUp Shortcut Cleaner
Menghapus Shortcut yang tidak valid dari menu Start, Desktop, dan Quick Launch bar hanya dengan mengklik sebuah tombol. TuneUp Shortcut Cleaner juga akan memeriksa program-program yang sering digunakan dan membersihkan daftar file yang baru dibuka (recent documents).

TuneUp Styler
Sekarang Anda juga dapat mengubah logo animasi Vista yang muncul sesaat sebelum logon (animasi bisa Anda download dari situs TuneUp). Atau, jika Anda suka, Anda dapat memilih gambar Anda sendiri untuk ditampilkan ketika Vista dijalankan. Dengan Vista, Anda juga dapat menambahkan gambar Anda sendiri ke Vista logon Screen hanya dengan beberapa klik mouse saja.

TuneUp Uninstall Manager
TuneUp Utilities 2011 memperlihatkan kepada Anda daftar program yang tidak digunakan untuk waktu yang lama, sehingga Anda dapat menargetkan untuk menghapus aplikasi mereka yang menghabiskan ruang harddisk yang berharga dan dalam keadaan tertentu bahkan memperlambat kinerja komputer anda.

TuneUp StartUp Manager
TuneUp Startup Manager akan mengatur program-program yang berjalan secara otomatis saat Windows start ke dalam kelompok-kelompok dan memberikan penjelasan yang jelas untuk membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk mengidentifikasi program-program yang tidak diperlukan. Program startup otomatis baru akan disorot, sehingga Anda dapat menonaktifkan entri yang tidak diinginkan dengan lebih mudah.

Free up disk space
Menampilkan ruang harddisk untuk dibersihkan, seperti file backup setelah update service pack Windows Vista, cache Opera dan Safari. Kedua modul “Free up disk space” akan membantu Anda mematikan fungsi Windows yang menggunakan ruang disk yang berlebihan. Windows Search indeks sekarang dapat dinonaktifkan dan dihapus dengan satu klik. Hal ini cukup berguna jika Anda sudah menggunakan mesin pencari yang berbeda. Selain itu, TuneUp Disk Space Explorer sekarang berjalan lebih cepat, bisa menganalisa seluruh drive atau hanya folder tertentu saja ang Anda pilih.

Dari sekian banyak fitur dan manfaat yang diberikan oleh Tune Up Utilities, maka saya yakin kalau anda bisa memaklumi kalau program ini tidak gratis (alias program Shareware), tapi nggak usah khawatir karena bagi pembaca setia Java Creativity akan saya kasih keygennya agar program bisa jadi Full Version ^_^

Silahkan Download Tune Up Utilities 2011 Disini




Anda sedang membaca artikel tentang Utility Software Komputer / Laptop dan anda bisa menemukan artikel Utility Software Komputer / Laptop ini dengan url http://teknisilaptop-indonesia.blogspot.com/2011/02/utility-software-komputer-laptop.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Utility Software Komputer / Laptop ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Utility Software Komputer / Laptop sumbernya.