Friday

Trouble shooting laptop Nyala - Mati

Cara servis apabila Laptop mengalami Nyala - Mati
Cek Kondisi Laptop
1. Ketika dihidupkan power led tetap menyala
2. suara kipas mengeras sebentar untuk kemudian diam tak bergerak
3. layar LCD gelap total


Pertanyaan nya :
1. Apa yang rusak ?
2. Kenapa mengalami kerusakan seperti itu ?
3. Bagaimana cara memperbaiki kerusakan tersebut ?

Solusi Penanganan :
Terdapat beberapa kemungkinan kerusakan jika memperhatikan ciri-ciri yang diketahui seperti diatas yaitu:
  1. Kerusakan pada VGA chipset, kabel flexibel, inverter atau LCD
Kerusakan ini terjadi karena panas yang dihasilkan oleh CPU tidak mengalir dengan baik didalam chasing. Bisa juga karena komputer terlalu panas, khususnya untuk CPU yang berlabel AMD seperti sipanjul.
Untuk mengecek kerusakan VGA tersebut dapat dilakukan dengan menghubungkan vga out dengan monitor atau LCD external bila gelap ada kemungkinan vga chip problem. Sedangkan bila menyala,  ada kemungkinan lcd, inverter, atau kabel flexibel. Untuk pengetesan harus menggunakan yang identik seperti inverter, lcd ataupun flexibel. Untuk cara ini rekomendasi bawa ke dokter untuk lebih detil.
Apabila kita perhatikan ada gambar tipis atau seperti banyangan di LCD, maka yang kemungkinan rusak adalah lampu LCD (CCFL) ,  inverter atau flex.
Sehingga kondisi gelap atau mati belum tentu harus ganti LCD.
2. Kerusakan memory (RAM)
Kerusakan pada memory menyebabkan terputusnya alur pemrosesan data yang mengakibatkan hang nya sistem komputer. Karena kita tahu, RAM berfungsi untuk penyimpanan sementara proses data yang sedang berjalan. Sehingga jika RAM mengalami kerusakan, maka ALU gagal menyimpan data proses sementara tersebut.
Cara memperbaiki kerusakan:
Coba buka chasing laptop, dan lepaskan memory tersebut. Kemudian bersihkan menggunakan penghisap debu atau kain kering yang lembut. Jangan lupa bersihkan juga debu yang menempel pada grid tempat meletakkan memory tersebut. Karena kemungkinan memory hanya kotor oleh debu. Jika cara tersebut tidak berhasil, sayang sekali kita harus mengganti memory RAM nya :(

Anda sedang membaca artikel tentang Trouble shooting laptop Nyala - Mati dan anda bisa menemukan artikel Trouble shooting laptop Nyala - Mati ini dengan url http://teknisilaptop-indonesia.blogspot.com/2011/02/trouble-shooting-laptop-nyala-mati.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Trouble shooting laptop Nyala - Mati ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Trouble shooting laptop Nyala - Mati sumbernya.