Sunday

Otak-atik Perbaikan Jack Charger Laptop

Panduan ini sebaiknya untuk orang yang berpengalaman dibidang menyolder dan memperbaiki komputer. Jika kamu tidak yakin melakukannya,  jangan coba-coba membongkar laptop kamu atau kamu akan mendapatkan kerusakan pada laptopmu secara permanen. Bawalah laptopmu kepada orang yang berpengalaman atau tukang servis terdekat.
Jika menggunakan panduan ini, semua resiko ditanggung oleh kamu sendiri.
Bila semua semua sudah jelas maka mari “kembali ke lap……top”.


Ini saatnya,, pertama-tama, kamu harus membongkar laptopmu dan melepaskan motherbordnya. Dan sebelumnya, Untuk memulai perbaikan ada alat-alat yang harus anda siapkan yaitu :
1.      Solder listrik dengan daya antara 25watt sampai 30watt.
2.      Timah solder
3.      Penyedot timah (digunakan untuk membersihkan timah pada PCB)
4.      Cairan alkohol secukupnya dan sikat (disarankan)
5.      Jack charger induk laptop yang baru (tidak usah bila jacknya masih bisa diperbaiki)
Panduan perbaikan Jack charger Induk laptop

Seperti yang kamu lihat pada gambar berikut ini, solder di tempelkan pada titik positif pada PCB yang tampak berbeda dengan ketiga titik lainya. Disitulah kerusakan yang terjadi. Jalur pada titik positif tersebut tidak terhubung baik dengan motherboard oleh karena itu tegangan ke laptop terputus.
Sekarang lepaskan jack charger induk laptop dengan menggunakan solder, bersihkan permukaanya dan solder kembali jack tersebut pada motherboard – cara ini dibutuhkan untuk mengatasi permasalahannya.
Beri ketiga titik pada PCB dengan cairan timah baru seperti terlihat pada gambar diatas. Ini agar gumpalan timah yang lama bisa mencair dan mudah untuk dibersihkan
Sementara menyolder titik PCB tersebut, bersihkan timah solder  dari PCB dengan penyedot timah. Ulangi langkah ini pada titik PCB berikutnya sampai semua gumpalan timah pada PCB bersih.
Pegang jack charger induk laptop dan lepaskan dari motherbord dengan hati-hati. Mungkin kamu tidak bisa melepaskan jack tersebut untuk pertama kali, itu mungkin karena masih ada sisa timah solder yang masih melekatkan kaki jack tersebut pada PCB, panasi semua kaki jack tersebut dengan solder sambil jack kita lepas.
Berhati-hatilah dalam melepaskan jack ini, jangan sampai merusak PCB atau kaki-kaki jack tersebut yang mana mungkin masih bisa diperbaiki.
Jadi jangan memaksakan diri untuk melepas jack tersebut bila jack tidak bisa dilepas, yakinkan kaki-kaki jack tersebut sudah tidak ada timah yang menempel.
Setelah jack charger induk laptop lepas dari motherboard, bersihkan kaki-kaki jack dengan pisau atau sejenisnya seperti terlihat pada gambar dibawah ini.
Lapisi kaki-kaki jack charger induk laptop dengan timah dan luruskan keempat kaki jack dengan baik.
PCB tempat jack charger induk laptop tampak kotor seperti terlihat pada gambar dibawah ini.
Kamu bisa membersihkan kotoran tersebut dengan cairan alkohol dan sikat. Mungkin ini tidak perlu tapi ini bisa membuat pekerjaanmu tampak rapi dan bersih.
Beri semua titik PCB dengan cairan timah untuk memudahkan dalam penyolderan jack pada PCB.
Permukaan berikut ini sudah dilapisi dengan timah.
Dan permukaan PCB berikut ini juga dilapisi dengan cairan timah.
Sekarang kamu bisa memasang kembali jack charger induk laptop pada motherboard. Dan sekarang jack sudah siap disolder.
Solder semua kaki jack tersebut
Bila semuanya sudah terpasang, langkah selanjutnya pasang kembali motherboard pada laptop dan silakan nikmati hasilnya.

Anda sedang membaca artikel tentang Otak-atik Perbaikan Jack Charger Laptop dan anda bisa menemukan artikel Otak-atik Perbaikan Jack Charger Laptop ini dengan url http://teknisilaptop-indonesia.blogspot.com/2011/02/otak-atik-perbaikan-jack-charger-laptop.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Otak-atik Perbaikan Jack Charger Laptop ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Otak-atik Perbaikan Jack Charger Laptop sumbernya.