Pertolongan pertama ketika laptop nggak bersuara alias bisu..... speakernya ngambek.
Dagnosa pertama mungkin speakernya yang mati.. solusinya pakai headset lah.. tetapi ketika di headset tidak keluar suara sama sekali dan bahkan icon volume yang biasanya aktif di pojok kanan bawah tidak menampakkan wujudnya lagi.. tentulah akan membuat kita panic berpikir “My Sound Card is Dead”.. nah terus solusinya gimana?.. 

oke.. kalau kita berfikir akan kita bawa laptop kita ke teknisi pasti akan memakan waktu yang lama dan mungkin biayanya akan jadi sangat mahal karena sound card notebook biasanya onboard jadi kalau mau ganti soundcardnya ya kudu dibongkar ganti Ic souncardnya, namun permasalahan IC nya tertanam sangat kuat........wualehhhh <<bisa ditangani bosss>>>
Kalo mau solusi cepat,muda dan murah.. caranya pergilah ke toko komputer langganan anda terus tanya kesana USB Soundcard kalau toko komputernya lengkap biasanya pasti ada.. dan banyak pilihan mulai dari yang murahan murah sampai yang mewahmahal dari yang bisa biasa sampai tidak bisa dibeli luar biasa
untuk harga bisa memilih mulai dari yang Rp. 45.000 s/d 1 jt an.. ya orang jawa bilang “ono rego ono rupo” artinya “Beda Harga Beda kualitasnya”.. Jadi silahkan dipilih sendiri..
Nah kalau sudah beli gimana cara masangnya?.. ya tinggal di sodokin colokin ke lubang port USB nya toh.. dari pengalaman penulis untuk Creative soundblaster ndak perlu install driver sudah terdeteksi baik di OS windows maupun Linux..
nah soundcard ini ada 2 port loh.. 1 port microphone dan 1 port speaker/headphone jadi gimana ndak perlu cari teknisi tohh..

semoga bermanfaat….