Monday

Servis Hardware laptop tanpa bongkar

Simak baik-baik bagaimana cara mengatasi permasalahan hardware tanpa harus melepaskan bagian bagian hardware laptop yang bermasalah berikut ini
1. Kerusakan pada port jaringan
Sebagian besar port jaringan laptop (port aka RJ-45) sudah tersolder langsung dengan motherboard. Tidak bisa dipungkiri terkadang port jaringan ini bisa juga mengalami kerusakan (catatan : penjelasan ini tentang kerusakan hardware bukan kerusakan software), untuk itu semua bagian motherboard harus di lepas untuk memperbaikinya.
Sebagai penggantinya agar tidak sampai melepas motherboard, kamu bisa menggunakan PCMCIA network card (aka LAN PC card). Tancapkan card tersebut pada slot PC yang ada pada laptop kamu.


2. Kerusakan pada port USB
Kebanyakan laptop mempunyai beberapa port USB dan bila salah satunya ada yang rusak, biasanya ini tidak jadi masalah karena masih ada dua atau tiga port USB lainnya. Tapi bagaimana bila semua port USB mengalami kerusakan. Bila ini terjadi maka bisa dikatakan bahwa USB controller yang ada pada motherboard mengalami kerusakan sehingga laptop tidak bisa mengenali port-port USB tersebut. Sekali lagi, penjelasan ini tentang kerusakan hardware bukan kerusakan software. Agar bisa mengatasi permasalahan ini kamu harus melepaskan motherboard dari chasing laptop.
Alternative lain agar tidak sampai melepas motherboard, kamu bisa menggunakan PCMCIA USB card. Tancapkan card ini pada slot PC dan dua atau empat port USB sudah siap kamu pergunakan. Tapi itu tergantung dari jenis PCMCIA card yang kamu pasang.
3. Kerusakan pada Internal wireless (Wi-Fi) card
Kebanyakan laptop terbaru sudah memiliki internal wireless card . beberapa bentuk wireless card bisa dengan mudah diakses dari bagian depan atau belakang laptop. Bentuk lainnya, wireless card sudah terpasang dalam chasing laptop. Apa yang akan kamu lakukan jika internal wireless card mengalami kerusakan ?. Ada dua solusi yang bisa kamu ambil yaitu ; Kamu bisa melepas internal wireless card atau dengan cara lain tanpa harus membongkar laptop yaitu dengan menggunakan PCMCIA wireless card.
4. Kerusakan pada internal flash memory card reader
Kebanyakan laptop terbaru sudah terpasang sebuah internal memory card reader yang ada dalam laptop itu sendiri. Untuk mengetahui apakah internal memory card reader tersebut rusak atau tidak, Kamu bisa mencobanya dengan menancapkan flash memory card yang kamu miliki pada motherboard dan jika terbukti mengalami kerusakan , kamu harus melepas semua bagian motherboard untuk menggantinya dengan yang baru.
Jika kamu tidak berkenan melepas motherboardnya kamu bisa menggunakan sebuah eksternal USB flash memory card reader. Yang harus kamu lakukan adalah menancapkan card reader pada USB port laptop dan Wi-Fi card tersebut sudah siap untuk digunakan.
5. Kerusakan pada internal CD/DVD drive
Kamu akan menemukan sebuah CD/DVD optical drive pada sebagian besar laptop. Jika optical drive rusak dan berhenti membaca CD dan DVD, tentu harus diganti dengan yang baru. internal optical drive laptop tidaklah murah.
Meskipun dengan memasang internal drive, kamu punya pilihan lain yaitu dengan memasang sebuah eksternal USB optical drive. Dengan mudah tancapkan drive tersebut pada port USB, biarkan laptop kamu mengenali dan menginstal drive tersebut dan setelah itu drive tersebut siap dipakai. Drive eksternal terrsebut juga bisa digunakan pada computer lainnya.

Anda sedang membaca artikel tentang Servis Hardware laptop tanpa bongkar dan anda bisa menemukan artikel Servis Hardware laptop tanpa bongkar ini dengan url http://teknisilaptop-indonesia.blogspot.com/2011/04/servis-hardware-laptop-tanpa-bongkar.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Servis Hardware laptop tanpa bongkar ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Servis Hardware laptop tanpa bongkar sumbernya.