Wednesday

Install Windows XP pada SONY VAIO-VGN-FE30B


Kasus:
Setelah semua driver terinstalasi, pada saat dilakukan Shutdown Windows, laptop berhenti pada layar "Windows is shutting down...", POWER-OFF harus dilakukan secara paksa dengan menekan tombol POWER selama 3 detik.

Cek:
Untuk mempermudah pelacakan error, System Restore pada Windows tetap diaktifkan untuk Drive C.
Setelah dilakukan restore ke kondisi Windows tanpa driver tambahan, Windows dapat menyelesaikan proses Shutdown dengan normal (Power-Off). Ini berarti ada masalah pada perangkat laptop atau driver yang digunakan untuk mengendalikan perangkat tersebut. Perangkat yang memerlukan driver tambahan adalah:
-Graphics device (Intel Graphics Accelerator i945GM)
-Audio device (SigmaTel)
-Ethernet (Intel Pro V)
-Wireless LAN (BCM IEEE 802.11)
-Webcam (Sony WebCam)
-USB Device (FeliCa Reader/Writer)
-SMB Bus (Intel i945 Chipset)
-Modem (Rockwell Softmodem)
-Card Reader (Texas Instruments PCIxx21)


Proses instalasi driver dilakukan kembali, kali ini setiap 1 driver selesai diinstall, dilakukan pemeriksaan dengan menjalankan proses Shutdown.
Setelah driver Webcam terinstall, proses shutdown menjadi bermasalah (tidak dapat dilakukan Power-Off).
Jika Webcam diset disable pada Device Manager, proses shutdown kembali normal.

Solusi:
Karena Webcam ini terpasang pada jalur USB, maka solusi yang dapat dilakukan berikut ini berkaitan dengan pengaturan perangkat USB pada Windows.

1. Masuk ke Device Manager
2. Masuk ke Universal Serial Bus Controller
3. Klik ganda pada Universal Host Controller, pilih tab ADVANCED, aktifkan centang DONT TELL ME ABOUT USB ERRORS, klik OK. Lakukan untuk semua cabang Universal Host Controller.
4. Klik ganda pada USB Root Hub, pilih tab POWER MANAGEMENT, matikan centang ALLOW THE COMPUTER TO TURN OFF THIS DEVICE TO SAVE POWER. Klik OK. Lakukan untuk semua USB Root Hub.
Sekarang kita dapat mematikan power (POWER-OFF) laptop dari menu shutdown Windows.
Karena SONY VAIO VGN-FE30B memiliki layout keyboard Japan, untuk menyesuaikan (mencocokkan antara tombol fisik keyboard dengan hasil yang tampil di layar) perlu dilakukansetting pada Regional Setting seperti pada artikel ini.

Anda sedang membaca artikel tentang Install Windows XP pada SONY VAIO-VGN-FE30B dan anda bisa menemukan artikel Install Windows XP pada SONY VAIO-VGN-FE30B ini dengan url http://teknisilaptop-indonesia.blogspot.com/2011/03/install-windows-xp-pada-sony-vaio-vgn.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Install Windows XP pada SONY VAIO-VGN-FE30B ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Install Windows XP pada SONY VAIO-VGN-FE30B sumbernya.