Sunday

Komponen Pendukung Layar Laptop

Komponen pendukung utama pada layar laptop antara alain adalah :
1. LAYAR LCD : merupakan tempat untuk menampilkan program dan data dalam bentuk visual. Kerusakan terjadi pada umumnya dikarenakan adanya benturan yang mengakibatkan layar pecah dan retak. Selain itu kerusakan Layar LCD juga dapat disebabkan oleh kerusakan komponen micro pada board LCD "setiap layar LCD memiliki Board / Mesin di belakang layar tersebut.
Solusi : Untuk kerusakan ini, kita harus mengganti layar LCD dengan specifikasi yang sesuai dengan LCD aslinya.

2. INVERTER : merupakan komponen yg biasanya terdapat di bawah LCD laptop yang berfungsi sebagai pengatur LED dan connector kabel flexibel LCD anda. Biasanya lcd menjadi redup /buram / tampilan gambar agak gelap
Kalau laptop dalam kondisi hidup, LCD digerakkan buka tutup, gambar menjadi agak goyang / berubah.
Solusi : Untuk kerusakan ini kita harus mengganti Inverter dengan specifikasi yg sama dengan laptop yang kita miliki.

3. KABEL FLEXIBEL LCD : merupakan komponen yang menghubungkan board - inverter - Layar LCD. Jika kabel flexibel rusak, maka layar laptop BLANK, display tidak stabil / layar goyang.
Solusi : Untuk kerusakan ini, Kabel flexibel terkadang masih bisa di service, namun jika tidak mengalami perubahan, maka penggantian kabel flexibel dapat menjadi solusi untuk masalah ini.

4. LED LCD : merupakan lampu neon panjang yg ada di bagian bawah LCD yg memberikan cahaya terang pada layar. Kerusakan pada LED ini akan membuat layar menjadi redup.
Solusi : Mengganti LED layar LCD adalah solusi untuk masalah ini.

Dari gambaran di atas, dapat disimpulkan bahwa tidak semua kerusakan pada layar LCD Laptop, harus mengganti Layar LCD tersebut. Karna bisa jadi kerusakan di karenakan ada masalah pada komponen lain yg berhubungan dengan LCD Laptop anda.

TIP / TRIK : Ini adalah cara sederhana untuk melakukan ceking kerusakan pada layar LCD laptop. Dengan cara ini kita akan dapat menentukan lokasi kerusakan pada laptop kita. Jika layar laptop kita rusak atau tidak bekerja dengan normal. Anda dapat mencoba melakukan TES dengan menghubungkan laptop kita pada monitor CRT biasa. Jika pada monitor tidak terjadi kerusakan (tampil gambar normal), maka dapat dipastikan kerusakan berada pada komponen pendukung LCD ataupun LCD laptop itu sendiri. Namun jika pada monitor biasa juga mengalami kerusakan yang sama, maka bisa dipastikan kerusakan berada pada bagian board laptop anda, beserta komponen pendukungnya.

Anda sedang membaca artikel tentang Komponen Pendukung Layar Laptop dan anda bisa menemukan artikel Komponen Pendukung Layar Laptop ini dengan url http://teknisilaptop-indonesia.blogspot.com/2011/06/komponen-pendukung-layar-laptop.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Komponen Pendukung Layar Laptop ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Komponen Pendukung Layar Laptop sumbernya.