Friday

Sistem Komputer

Sistem Komputer - Laptop
Computer system, sistem komputer. Sistem yang dibangun dan dijalankan dengan menggunakan komputer sebagai alat bantunya. Elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan pengolahan data untuk menghasilkan informasi dengan menggunakan perangkat komputer. Elemen-elemen yang saling berhubungan tersebut adalah:
1.         Perangkat keras (Hardware),
2.         Perangkat lunak (Software),
3.         Brainware



Di sini, perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan menghidupkan komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah apa komputer tersebut jika tidak ada softwarenya.

Proses kerja  pada komputer (LAPTOP) secara sederhana adalah

 1.    Menerima perintah yang User masukan melalui perangkat input seperti      keyboard dan mouse
 2.    Mengolah perintah yang sudah diterima dari User, perangkat keras yang mengelola perintahnya adalah    prosesor atau juga sering disebut sebagai otak komputer, prosesor memiliki tiga bagian penting yaitu:

-       Control Unit(CU)=Mengontrol semua kerja perangkat yang terpasang dalam komputer
-   Arithmatic Logical Unit(ALU)=Mengelola semua proses yang   berhubungan dengan logika dan matematika, seperti ketika kita menggunakan kalkulator maka proses menghitungnya diproses oleh ALU
-       Memory Unit(MU)=Sebagai unti pendukung, dimana proses yang sering dilakukan oleh prosesor sementara akan tersimpan dalam unit ini
3.       Mengeluarkan(Output) hasil dari perintah yang sudah diolah didalam prosesor melalui perangkat output seperti monitor(Mengeluarkan tampilan), spiker(Mengeluarkan suara), printer dll.

Anda sedang membaca artikel tentang Sistem Komputer dan anda bisa menemukan artikel Sistem Komputer ini dengan url http://teknisilaptop-indonesia.blogspot.com/2010/12/sistem-komputer.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Sistem Komputer ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Sistem Komputer sumbernya.